Header Ads

3 Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada Windows 10 2019

3 Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada Windows 10 2019 - Hallo pengunjung Blog_Kiki, Pada Artikel yang kalian baca saat ini berjudul 3 Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada Windows 10 2019, untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. semoga isi postingan Artikel Windows 10, dapat kalian pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 3 Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada Windows 10 2019
link : 3 Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada Windows 10 2019

Baca juga


3 Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada Windows 10 2019

Apa itu screenshot dan bagaimana cara mengambil screenshot pada windows 10? Screenshot merupakan suatu proses pengambilan gambar/capture dari dalam layar komputer. Screenshot dapat digunakan untuk mengambil informasi pada layar seperti riwayat hasil sebuah permainan,percakapan, tampilan error, bahkan hanya untuk sekedar membagikan apa yang sedang kita lihat dalam layar laptop kita dalam bentuk gambar. Tidak hanya pada layar laptop fitur screenshot ini juga tersedia pada kebanyakan ponsel. Langkah pengambilan screnshot berbeda-beda tergantung dari sistem operasi yang digunakan dalam ponsel.

Pada setiap sistem operasi windows yang saya ketahui dan hampir semuanya pernah saya gunakan. Setelah saya menggunakan beberapa OS yang berbeda, dalam pengambilan screenshot saya kira tidak jauh berbeda perbedannya mungkin terdapat pada langkan menjalankan aplikasi yang mau digunakan dalam melihat/paste hasil screenshot yang dilakukan dari tombol laptop. Aplikasi yang sering digunakan untuk melihat screenshot adalah paint. Dikarenakan paint ini adalah program bawaan windows yang ringan dan cepat dengan multi fungsi, anda juga dapat mengeditnya terlebih dahulu sebelum menyimpannya dalam bentuk jpg. Ada juga lho yang bertanya bagaimana cara screenshot di laptop acer, hp, lenovo, toshiba dan lain sebagainnya? seperti yang dijelaskan tadi semuanya tergantung pada sistem operasi yang digunakan, merek laptop tidak mempengaruhi langkah-langkah dalam pengambilan screenshot. Berbeda jika kita menggunakan  ponsel dalam mengambil screenshot, biasanya ada perbedaan dalam metode pengambilan screenshot di setiap merek.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita gunakan, tapi di sini saya akan membasnya untuk anda hanya dengan 5 (lima) cara saja. Ada yang menggunakan aplikasi tambahan atau dengan aplikasi bawaan windows. Kalau menggunakan aplikai tambahan pastinya harus download dan install terlebih dahulu. Lalu apa perbedaanya? nah, pebedaanya juga tidak terlalu jauh antara menggunakan aplikasi dengan tanpa aplikasi tambahan. Mungkin kelebihan dari menggunakan aplikasi tersebut, kita langsung dapat mengedit gambar secara langsung setelah mengambil screenshot tanpa harus membuka aplikasi paint terlebih dahulu.

1. Cara pertama yaitu Mengambil Screenshot Pada Windows 10 secara keseluruhan
  • Pertama-tama anda tentukan terlebih dahulu layar mana yang akan diambil gambarnya (discreenshot).
  • Selanjutnya anda tekan tombol  prtsc sysrq  pada keyboard (lihat gambar yang dilingkar di bawah ini)
  • Cara Screenshot Laptop Tanpa Software
  • Setelah menekan tombol tersebut selanjutnya anda pate ke program paint, seperti yang telah saya bahas di awal-awal tadi program pain ini sudah tersedia jadi tidak perlu menginstal-nya terlebih dahulu. Sekarang kita cukup membukanya saja langkah-langkahnya : klik start >> ketikan paint pada kolom pencarian >> pilih paint.
  • Langkah terakhir anda pastekan di paint yang telah anda buka tadi dengan memilih menu paste (atau tekan ctrl + V pada keyboard). Setelah dipastekan ke aplikasi tersebut selanjutnya anda simpan gambarnya dengan menekan ctrl + s pada keyboard.
2. Cara kedua yaitu Mengambil Screenshot Pada bagian tertentu saja.
Pada langkah ini kita menggunakan aplikasi sniping tool dalam pengambilan gambar. Aplikasi ini juga bawaan windows sama seperti paint. Tapi dengan menggunakan aplikasi ini kita langsung dapat menyimpannya dalam bentuk gambar ke komputer, tanpa harus menekan tombol pada keyboard ataupun menggunakan aplikasi yang lainnya. Untuk membuka aplikasi yang satu ini, caranya hampir sama pada langkah sebelumnya, oke langsung saja berikut penjelasan selengkapnya.
  • Pertama-tama anda tentukan terlebih dahulu layar mana yang akan diambil gambarnya (discreenshot).
  • klik start >> ketikan snipping tools >> lalu tekan enter.
  • Selanjutnya anda klik new dan tentukan seberapa besar gambar yang mau diambil dengan menekan tombol kiri mouse dan jangan dilepasan + tarik ke bawah hingga mendapatkan screenshot gambar yang diingikan.
  • Cara Screenshot Laptop Tanpa Software
  • Jika sudah seperti keingingan, berikutnya anda lepaskan saja. Pilih menu file >> save as untuk menyimpannya pada komputer anda.
 3. Cara ketiga yaitu Mengambil Screenshot Pada Windows 10 tanpa menggunakan program atau aplikasi sama sekali. Pada langkah yang terakhir ini kita hanya menekan tombol pada keyboard, maka gambar tersebut akan langsung tersimpan secara otomatis pada folder default di windows. Dari dua cara yang tadi, saya kira cara yang satu ini lebih simple dan sederhana dalam pengambilan gambar. Silahkan simak ulasannya berikut ini.
  • Tekan tombol windows 10 + prtsc sysrq (secara bersamaan) pada keyboard.
  • Selanjutnya anda buka windows explorer Tekan tombol windows 10 + E (secara bersamaan) pada keyboard untuk membuka windows explorer.
  • Langkah terkahir kita cari file gambarnya pada This PC > Picture > Screenshots.
Saya kira tutorial kali ini cukup mudah untuk dipraktekan.  Oh iya, tutorial ini tidak berlaku untuk pengguna windows 10 saja. Akan tetapi bagi pengguna windows 8 juga dapat menggunakan tutorial yang saya bahas tadi, sedangkan pengguna windows 7 hanya dapat menggunakan cara pertama dan yang kedua saja. Sampai di sini tutorial tentang Cara Mengambil Screenshot Pada Windows 10. Semoga bermanfaat.


      Demikianlah Postingan 3 Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada Windows 10 2019

      Sekianlah artikel 3 Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada Windows 10 2019 kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan lainnya.

      Kalian sedang membaca postingan 3 Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada Windows 10 2019 dengan link https://nurrizkiah.blogspot.com/2018/12/3-cara-mudah-mengambil-screenshot-pada.html

      Tidak ada komentar:

      Diberdayakan oleh Blogger.