Header Ads

Telnet & FTP

Telnet & FTP - Hallo pengunjung Blog_Kiki, Pada Artikel yang kalian baca saat ini berjudul Telnet & FTP, untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. semoga isi postingan dapat kalian pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Telnet & FTP
link : Telnet & FTP

Baca juga


Telnet & FTP

Telnet dan File Transfer Protocol (FTP) DASAR TEORI FTP menggunakan protokol transport TCP untuk mengirimkan file. TCP dipakai sebagai protokol transport karena protokol ini memberikan garansi pengiriman dengan FTP yang dapat memungkinkan user mengakses file dan direktory secara interaktif, diantaranya : • Melihat daftar file pada direktory remote dan lokal. • Menganti nama dan menghapus file • Transfer file dari host remote ke lokal (download) • Transfer file dari host lokal ke remote (upload) Pada gambar dibawah menunjukkan mekanisme transfer file dari host lokal ke remote, proses transfer file seperti ditunjukkan dengan tanda panah pada gambar tersebut. Tahapan FTP dimulai dari client memasuki jaringan TCP/IP, komputer remote yang akan dituju disebut host FTP, dan host FTP ini harus memiliki software FTP server yang telah diinstall agar dapat berinteraksi dengan sistem file pada host. Untuk memulai melakukan FTP, maka berikan perintah seperti berikut : %ftp [hostname] tanda % adalah prompt default pada OS Unix, hostname merupakan nama secara simbolik atau IP address dari host yang akan dituju. Bila sudah dapat tersambung maka akan ditanyakan nama user dan password, isian nama user dan password sesuai dengan account yang diberikan seperti yang digunakan bila user akan menggunakan server tersebut, tetapi pada FTP server yang umum, untuk nama user dapat digunakan ftp atau anonymous dengan menggunakan password yaitu alamat e-mail, akan tetapi memiliki hak akses yang terbatas sesuai yang ditetapkan administrator FTP server. Mekanisme FTP
Percobaan 1. Aktifkan sistem operasi ubuntu dan buka terminal. Login sebagai root 2. Jalankan perintah ifconfig kemudian atur IP address dan subnet mask.
Kemudian jalankan perintah netstat –r dan tuliskan default gateway host anda.
3. Catat nomor port yang digunakan oleh telnet dan ftp dengan perintah berikut :
4. Cek apakah program vsftpd telah terinstall atau belum. Jika sudah terinstall, aktifkan vsftp server.
5. Pelajari file konfigurasi vsftpd dengan perintah berikut : # gedit /etc/ vsftpd.conf maka akan muncul :


Demikianlah Postingan Telnet & FTP

Sekianlah artikel Telnet & FTP kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan lainnya.

Kalian sedang membaca postingan Telnet & FTP dengan link https://nurrizkiah.blogspot.com/2012/10/telnet-dan-file-transfer-protocol.html

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.